My Trip (not) My Adventure Manado


Acara jalan-jalan saat ini sedang ngetrend di hampir semua stasiun TV terutama MTMA aka My Trip My Adventure dan pada TV sebelahnya ada salah satu favorit saya “Mata Pancing serta Mancing Liar”. Kedua acara itu mengkombinasikan antara tempat bagus dengan kegiatan bagus ya tracking, diving mancing or hanya sekedar jalan-jalan biasa.
 
Banyak tempat di Indonesia yang bagus-bagus dan menarik buat dikunjungi  tentunya kalo bisa sekalian mancing seperti salah satunya di Bunaken Manado tapi maaf karena kawasan konservasi maka tidak diijinkan mancing disini kalo mau diving silahkan nyeburrr. Cerita ini bukan berdasarkan kegiatan adventure karena acara ke Manado ini adalah undangan Trip Dinas Pariwisata Sulawesi Utara untuk Travel agent sekalian mempromosikan pariwisata Manado.

Sebelum kearah pantai kita absen dikit wisata di kota ini yang pernah saya kunjungi selama di Manado ada beberapa,  diantaranya kelenteng Ban Hin Kiong,  Gereja Centrum, lanjut ke Tomohon kota bunga dan Pasar Tomohon yang menjual beragam bahan mentah daging hewan dari tikus, babi, anjing hingga ayam dan kelelawar buat yang suka tapi kalo gak suka pemandangan gak biasa ato mual gak usah kesini. Alternatif lain bisa mengunjungi  Bukit Kasih serta objek wisata terakhir yang pernah kita mampiri adalah Danau tondano.

Nah beralih ke pantai … disini adalah pertama kalinya pengalaman saya menyelam menggunakan alat diving lengkap pada dua spot diving di Bunaken yaitu Fukui dan Depan Kampung. Spotnya bagus , banyak ikan dan terumbu karangnya masih terjaga baik mungkin karena kawasan konservasi. Biasanya saya hanya menyelam tanpa alat sekuat menahan nafas pada kedalamam maksimal 6 meteran buat nembakin ikan atau meyelam melepas penat sehabis mancing tapi kali ini kesempatan yang sayang dilewatkan.
 
Perlengkapan menyelam lumayan berat karena menggendong tabung oksigen serta ditambah dengan pemberat di pinggang  tapi keren dan pasti aman karena di damping oleh dive master berpengalaman. Menyelam dengan cara ini benar-benar membuka mata tentang indahnya kehidupan dunia bawah laut beserta keanekaragama hayati di dalamnya. Dari tempat menginap di NDC Resort (Nusantara Diving Centre & Resort) setelah melalui training kilat diving dikolam resort dan lulus  kita naik perahu mesin kearah Bunaken dan di kejauhan terlihat Pulau Manado Tua. 
Lets see on the spot testing pada kedalaman 10 sd 15 meter.
 
Indonesia bagusss  !!!!!

Comments

Popular posts from this blog

Menjelajah Pulau Moyo dan Air terjun Mata Jitu

Menggantung harapan di Pulau Satonda (sebuah catatan perjalanan)

Timor Leste hari ini (Maret 2017) dan 28 tahun yang lalu (Tahun 1989) sebuah cerita masa lalu