My German Friend




Say goodbye until we meet again
Melihat foto lama teman bule di laptop membuat ingatan saya melayang kembali ke masa-masa kuliah dulu dan masih aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa Merpati Putih Universitas Udayana sekitar rentang tahun 1998 sampai tahun 2003.

Chihab klose adalah seorang bule Jerman yang pertama kali saya jumpai ketika saya berlatih Silat Merpati Putih di Universitas Udayana. Awalnya Chihab mungkin mahasiswa pertukaran pelajar di UNUD tetapi dia juga tertarik dengan seni pencak silat khususnya Merpati Putih.  Mas Chandra pelatih saya mengenalkan Chihab kepada saya dan Reza yang kebetulan agak familiar dengan bule karena saya dan Reza sempat beberapa kali mendapat tugas berduet melatih pernafasan pelajar Norwegia di Kedonganan ketika itu.
One moment in the jungle
Bebek tepi sawah Ubud
Flaps Jack Sanur
So jadilah kita teman berlatih silat Merpati Putih serta teman berkeliling bali, ngobrol masalah pencak silat hingga menerobos hutan gunung  batukaru untuk tracking.  Sampai kini Chihab yang menurut iunformasi terakhir adalah seorang Doktor Biologi Molekuler dan dari belum menikah hingga memiliki dua putri Artini dan Yolani masih tetap rutin berkunjung ke Indonesia (Bali). Komunikasi kami sekeluarga sangat baik begitupula anak-anak kami  tetapi karena saya bukan pengguna media sossial yang rajin membuka facebook dan email  sehingga pada kunjungan terakhirnya saya tidak tahu bahwa Chihab dan keluarga sedang ada diBali Agustus 2015. Saat saya saya iseng membersihkan email yahoo dari iklan dan spam dan menemukan email dari Chihab.


Hello Yudis,

apa kabar teman saya dan keluargamu ???? Long time ago was your last email sent to me. Is everything O.K. with you and your family. We hoped to see you in Bali in August. We wrote to you a couple of emails, but we got no answer from you. What happened ???”

I hope to get a reply,



Best wishes to you and Artini and the whole family

Chihab

Semoga pada kunjungan berikutnya kita bisa bertemu kembali, bercerita dan bersama-sama trip keliling Bali seperti kunjungan sebelumnya di Tahun 2014.
 
**Best wishes to Chihab, Franziska, Artini Josephine dan Yolani Shopie***

Comments

Popular posts from this blog

Menjelajah Pulau Moyo dan Air terjun Mata Jitu

Menggantung harapan di Pulau Satonda (sebuah catatan perjalanan)

Timor Leste hari ini (Maret 2017) dan 28 tahun yang lalu (Tahun 1989) sebuah cerita masa lalu