Bikepacker, touring, mancing dan kuliner April 2019

Setelah lama tidak menulis karena kesibukan kerja dan urusan keluargaa hari ini korupsi waktu dikit buat nulis karena kalo tidak diniatkan dan dilaksanakan hanya jadi tulisan dalam hati. Untuk perjalanan kali ini target perjalanan masih sama yaitu mengubek ubek pulau Moyo di Sumbawa dan fyi teman teman pulau Moyo itu luas banget meskipun di petanya Google kelihatan kecil sebiji beras tapi bila dikelilingi dengan perahu mengikuti garis pantainya bisa makan waktu seharian lebih.
Team yang berangkat touring versi Bikepacker ini ada 5 orang dari Bali dan sejujurnya setiap trip kita batasi hanya maksimal 6 orang karena kapasitas perahu yang kita tumpangi buat mancing hanya 8 orang. Jadi bila 5 orang dari Bali plus 2 atau 3 orang crew dari sumbawa maka pas sehingga perahu tidak terlalu berat (maklum team yang berangkat “berbobiot” semua) dan nyaman diperjalanan mincing. Nah berikut profil team yang berangkat sekalian peran tugas dan tanggungjawabnya dalam kegiatan operasional plus mancing. Sebenarnya masih muka lama dan beberapa new comer check it out.

ID       : Oka

Tunggangan : Honda Vario 110

ID  : Pak Tut
Posisi : Navigator, seksi kerohanian

Berikut beberapa foto perjalanan dari Bali-Lombok-Sumbawa-Pulau Moyo.
Awal mula perjalanan dimulai disini apabila kondisi penyebrangan rame maka kita akan antre buat nyebrang dari pelabuhan laut Padangbay ke Lembar sekitar 30 menit hingga 1 jam. Nah daripada bengong kita mengurai waktu dengan bercanda, browsing dan bengong kalo sudah bosen.
Salah satu hal yang indah dari atas kapal adalah penampakan sunrise dipagi hari biasanya kita keluar kapal menghirup udara segar, menonton sunrise dan pastinya menikmati segelas kopi hangat.
Nah matahari telah mulai naik dan pengeras suara kapal telah menyampaikan bahwa beberapa saat lagi kita akan mendarat atau bahasa kapalnya nyandar di pelabuhan Lembar. So kita berberes, bersiap dan berangkat.
Suasana padat mau keluar kapal menjadi rutinitas wajib yang harus kita lalui. Kalau sudah begini biasanya kita memilih keluar belakangan ato sekalian yang pertama karena kalau kita antre didek bawah selain padat dan sumpek bau asap kendaraan seringkali meyesakkan dada.
Nah kalau yang ini penampakan enak-enak dari suasana pagi hari dikota Mataram Lombok. Sudah menjadi santapan wajib begitu keluar kapal kita masuk kota beli sarapan pagi yang hangat semacam bubur atau soto supaya perjalanan membelah pulau Lombok ke arah Lombok timur menuju Sumbawa makin bertenaga.
Jangan bayangkan kenikmatan tidur diatas kapal yang nyaman karena bila kapal penuh dan kita tidak mendapat tempat maka lantai kapal beralas koran menjadi tempat yang nyaman buat beristirahat. Ini tkpnya di suatu ketika diatas kapal penyebrangan Pelabuhan Kayangan Lombok Timur menuju Pelabuhan Pototano Sumbawa.
Selepas perjalanan dari pelabuhan Pototano menuju Sumbawa besar sekitar 1,5 jam kita istirahat makan siang dulu di Rumah Makan Soponyono daerah Kecamatan Utan. Menu wajib kita disini adalah ayam fitness kata teman-teman karena ayamnya ayam kampung yang keras nampak berotot, digoreng kering, lalapan plus sambel pedas dan kuah sayur hmmmmm....makyusss kata pak Bondan almarhum.
Singkat cerita ini hari pertama mancing disekitar pulau moyo dan kita persiapan sarapan menggoreng serta bakar hasil pancingan semalam. Menunya ada kerapu goreng, snapper/jangki, kurisi bakar dan mie goreng beserta sambal terasi extra pedas.
Penampakan jadinya seperti ini, buat yang lihat pasti menggugah selera apalagi kita yang kelaparan. Nah habis makan untuk menghilangkan amis dimulut sudah ada minuman sejuta umat versi para turis di Bali yaitu Bir Bintang serta white wine Attems Pinot Grigio produksi tahun 2016.
Oke kita makan dulu ya maknyuss....singkatnya setelah makan kita akan snorkling, main-main air, jelajah pulau dan mancing lagi buat makan siang dan makan malam.

Nah selesai sudah gambaran singkat perjalanan bikepacker ke Sumbawa April 2019 next trip kita jadwalkan di April 2020.
Tetap sehat, tetap semangat dan sampai jumpa di tahun 2020.

Popular posts from this blog

Menjelajah Pulau Moyo dan Air terjun Mata Jitu

Timor Leste hari ini (Maret 2017) dan 28 tahun yang lalu (Tahun 1989) sebuah cerita masa lalu