Pilihan objek wisata yang dingin dan adem di Bali

Salah satu icon pariwisata Bali



Seperti halnya daerah lain di Indonesia dengan masing-masing keunikan wisata alamnya maka Bali juga memiliki tempat wisata berpanorama alam  menawan yang hawanya adem dan dingin. Sebut saja kawasan wisata Bedugul dengan kombinasi hamparan kawasan Agrowisata , bukit hijau serta danaunya, Kintamani  dengan  view volcano gunung batur ,air panas  dan danau Baturnya serta kawasan wisata disekitar gunung Batukaru dengan objek pemandangan sawah hijau berteraseringnya yang mendunia.
Sawah hijau dan terasering yang medunia (mengukir bukit menjadi sawah)
Yang saya share kali ini adalah kawasan wisata Bedugul dan kawasan wisata Jatiluwih di kaki gunung Batukaru karena objek wisata ini berdekatan yang bisa  dikunjungi sekalian dan satu jalur.
Tampak depan kawasan danau beratan
Kawasan danau dari atas
Objek wisata Bedugul  terkenal dengan danau Beratan yang biasanya menjadi  salah satu icon promosi pariwisata Bali,  danau ini sangat ramai di kunjungi terutama bila weekend dan hari libur lainnya. Tourist domestic dan mancanegara biasanya menikmati suasana dingin di sekitar danau dan melakukan sesi jepret-jepret di sudut-sudut danau atau sekitar kawasan Pura Ulun Danu Beratan. Di lokasi ini ada speed boat dan perahu tradisional  yang bisa membawa pengunjung berkeliling melihat-lihat keindahan sekitar danau beberapa putaran. Ada juga penyewaan pancing yang bisa di pakai mengisi waktu dengan memancing ikan-ikan kecil  jenis Mujair di sekitar danau.
Sisi lain sudut danau

Selain danau Beratan ada juga Danau Tamblingan dan danau Buyan yang biasanya dimanfaatkan oleh rekan-rekan pencinta alam untuk berkemah serta kegiatan sejenis outbond. Terakhir  yang paling ramai dan ramah untuk keluarga serta masuk kategory semua umur adalah Kebun Raya Eka Karya atau dikenal sebagai Bali Botanical Garden. Kawasan kebun Raya yang di kelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan IOndonesia ini sangat luas baik untuk bersantai, berkemah sambil menambah wawasan atau hanya sekedar piknik bersama keluarga. Untuk yang suka menambah ilmu tentang Botani silahkan mengunjungi museum anggrek, museum kaktus dan melihat nama-nama masing-masing pohon yang tertempel di batangnya. Tersedia juga tempat bermain buat uji adrenalin “Bali Tree Top”,  aktivitasnya sejenis fly fox, meluncur  dan merambat dari pohon ke pohon.
 
Gate depan Kebun Raya Bedugul

Museum Anggrek

All about Kaktus

Beberapa koleksi Anggrek

Olahraga dan piknik di kebun raya

Tes adrenalin

Salah satu menu di Tretop adventure
Puas mengunjungi objek wisata dan berpiknik apabila perut terasa lapar maka jangan khawatir banyak tersedia tempat makan dikawasan ini. Yang setingkat restaurant salah satunya adalah “De Daun” lake view restaurant letaknya pesis di seberang jalan sisi danau dan bertingkat lantai tiga. Menunya bervariasi serta di sajikan fresh menurut saya makanannya enak dan segar terutama juice strawberrynya. Sambil menyantap hidangan di lantai 3 ditemani minuman hangat semisal coffe cappucinno untuk sedikit menghangatkan badan maka akan terlihat seluruh kawasan danau dan segala aktifitasnya. Selain itu di sisi selatan danau ada banyak pilihan warung-warung dengan menu bakso, soto sate, nasi goreng dan kalau hanya makanan ringan cukup nongkrong dengan kopi plus jagung rebus atau jagung bakar.
Alternatif tempat makan dengan view bagus

Yang fresh dan hangat

Sample menu

Penampakan dari lantai 3
Pindah ke lokasi di sekitar kaki gunung Batukaru (gunung tertinggi ke dua di Bali) setelah balik dari jalur Bedugul menuju Denpasar di pertigaan Pacung Baturiti kita bisa belok kanan neuju kawasan wisata Jatiluwih. Sepanjang jalan kita akan melewati kawasan pedesaan dengan culture pertanian yang kental. Pemandangan sawah, kolam ikan, kebun kakao dan kopi  serta relief perbukitan di kaki gunung melengkapi lukisan alam karya Tuhan yang Maha Sempurna. Just check out beberapa Gambarnya:
Model cilik dengan latar sawah terasering

Suasana kawasan Jatiluwih

All team pada moment selfie bersama
 So, bagi yang punya planning mau liburan dan mecoba destinasi diatas silahkan dan semoga tulisan ini membantu.

Comments

Popular posts from this blog

Menjelajah Pulau Moyo dan Air terjun Mata Jitu

Timor Leste hari ini (Maret 2017) dan 28 tahun yang lalu (Tahun 1989) sebuah cerita masa lalu

Menggantung harapan di Pulau Satonda (sebuah catatan perjalanan)