Menikmati Bali Barat di Novus Gawana Hotel @ Taman Nasional Bali Barat






Melihat kembali gambar-gambar lama di laptop membuat ingatan saya kembali ke tahun 2010 ketika  hotel ini masih bernama Novus Gawana, saya sekeluarga sempat merasakan sensasi menginap di tengah hutan sekaligus tepi pantai. Saat ini saya cek di Google ternyata Novus gawana resort sudah berganti/rebranding menjadi Naya Gawana Resort and Spa. 


Hotel ini sangat berkesan bagi saya karena dari berbagai hotel yang sudah sempat saya coba di daerah Ubud, Candidasa, Lovina dan Tanjung Benoa, ternyata memang konsep jungle hotel seperti ini yang cocok dengan selera adventure saya. Lokasi Hotel Naya Gawana tepatnya di sisi jalan Desa Banyuwedang Singaraja dan masih termasuk lokasi kawasan Taman Nasional Bali Barat. Terletak di tengah lebatnya hutan mangrove dan bentuk bangunannya menyerupai lumbung membuat lokasi serta bangunan hotel ini unik sehingga kita benar-benar menikmati suasana serasa menyatu dengan alam.






Saya bersama istri, anak dan seorang pengasuh anak mendapat kesempatan menginap menggunakan voucher stay di Lumbung Suite saya lupa nomor kamarnya, tetapi suasananya tenang dan jarak dari Lobby setelah kita check in sampai ke kamar lumayan jauh. Sesuai namanya Lumbung Suite maka type kamarnya berbentuk lumbung bertingkat beratap jerami, dimana lantai dasarnya merupakan ruang tamu plus 1 single bed, dilengkapi tea and coffe facility. Pindah ke bagian tengah dan belakang terdapat bathtube yang sangat luas lengkap beserta showernya plus pemandangan alam bila penutup tirai jendelanya di buka.
 
Melangkah naik ke lantai atas yang merupakan kamar tidur utama terdapat 1 King Size Bed, meja  kerja  dan AC yang terus menyala mendinginkan seluruh ruangan. Di bagian luar terdapat beranda yang cukup luas dikelilingi pagar kayu dengan dua kursi kayu menghadap ke taman/hutan sekitar, saat bersantai menikmati kopi atau teh kita bisa menikmati alam di pagi atau sore hari sambil melihat atau mendengarkan kicauan burung yang terbang bebas di alam.





Hal terbaik di hotel ini menurut saya adalah lokasi hotel yang sunyi serta alamnya yang indah plus view pantai yang menawan. Ketika kita ingin bersantai bersama keluarga serta anak-anak di tempat ini maka kita akan merasa berada di tempat yang jauh dari keramaian, penuh suara burung, binatang hutan dan aroma segar pepohonan. Salah satu yang indah yang saya temui adalah pemandangan dari atas jeti yang menjorok ke laut dikelilingi hutan bakau, di bawahnya terdapat pemandangan terumbu karang dan ikan-ikan berseliweranseperti di aquarium.Jeti ini dilengkapi kursi malas yang bisa kita manfaatkan untuk bersantai berlama-lama, berfoto bersama anak-anak dan keluarga atau hanya sekedar menghirup udara beraroma pantai. 



Dari restaurant saat kita bersantap kita bisa melihat view kolam renang di tepi teluk/pantai dan hamparan hutan bakau seluas mata memandang.Makanan yang di sajikan saya rasa standar karena ketika breakfast seperti hotel lainnya kita akan mulai di suguhi makanan pembuka semacam roti, selai dan aneka juice kemudian menu utamanya Indonesian food seperti nasi goreng, mie goreng plus sosis dan ham serta terakhir kita bisa ngopi atau ngeteh santai di area restaurant sambil menikmati panorama teluk yang indah di pagi hari.



 Urusan kamar dan kenyamanan istirahat menurut saya juga sangat terasa nyaman karena suasana di dalam lumbung suite yang adem karena full AC dan pengaruh atap yang terbuat dari alang-alang, bednya empuk dan lampu penerangan kamar yang bisa di atur sesuai pilihan. Meskipun kita berada di tengah hutan saya tidak menemukan masalah dengan serangan nyamuk atau hewan seperti tikus yang biasanya merayap di area kamar hanya ada belalang di beranda itupun tidak sampai masuk ke dalam kamar.

Sedikit kekurangan dari hotel ini adalah karena jarak yang jauh antara kamar menuju akses ke restaurant atau main lobby atau tempat bermain anak maka kadang kita malas untuk bolak-balik ke lobby atau restaurant untuk order makanan maupun hal-hal kecil. Kemudian sarana hiburan di kamar  tidak tersedia televisi ataupun pemutar music jadi buat yang suka santai leyeh-leyeh sambil pencet remote siap-siaplah untuk kecewa.

Secara keseluruhan hotel ini bagus seperti yang saya tulis dan disetujui juga oleh istri tercinta, so bagi yang penasaran ingin menikmati alam, romantisme dan hutan serta pantai dalam satu paket silahkan datang dan mencoba sendiri




Setelah semalam menginap di hotel ini next destination adalah Matahari Beach Resort di Pemuteran (bersambung)

Salam,











































































































West Bali National Park, 81155 Banyuwedang Phone : +62 362 94598



Comments

Popular posts from this blog

Menjelajah Pulau Moyo dan Air terjun Mata Jitu

Menggantung harapan di Pulau Satonda (sebuah catatan perjalanan)

Timor Leste hari ini (Maret 2017) dan 28 tahun yang lalu (Tahun 1989) sebuah cerita masa lalu